Hari ini kami semua berkumpul di gereja jam 7 pagi dan tepat pukul 7.30 kami berangkat menuju  Bandara Juanda Surabaya tercinta. Sesampainya di bandara, tentunya kami harus mengantri untuk mengurus administrasi mulai dari menimbang barang bawaan, check in, sampai akhirnya membayar airport tax sebesar Rp 150 ribu per orang. Tidak lama setelah kami masuk di ruang tunggu terdengar himbauan dari sentral untuk bersiap2 masuk ke dalam pesawat. Pesawat yang kami tumpangi adalah pesawat silk air dengan nomor penerbangan MI 221. Kurang lebih selama 10 menit kami menunggu dalam pesawat dan setelah itu pesawat mulai lepas landas kurang lebih pukul 10.00. Fasilitas yang kami dapatkan dalam pesawat tersebut adalah makan siang ( disediakan 2 macam  pilihan : menu 1 nasi kare ayam dan menu 2 kentang daging sapi ).Kalo minumannya ada banyak pilihan air mineral, coca-cola, 7 up, orange juice, tea, coffee. Dalam pesawat ada begitu banyak majalah berbahasa inggris yang disediakan bagi penumpang, yang ngga ngerti bahasa inggris ya cuman liat2 gambarnya hehehe…..

kami menempuh perjalanan selama krang lebih 1-1,5 jam.  kira-kira pukul 13.00 WIB ( 14:00 waktu sgp,he3 ) kami sampai di Changi Airport.  Begitu sampai di Changi Airport kami menuju ke bagian pemeriksaan jadi setiap barang bawaan dan kami semua harus di periksa oleh petugas bandara Changi. Pemeriksaan yang dilakukan sangat ketat lho, klo ga percaya baca kasus di bawah ini :

kasus pembuktian :  tiba2 metal detector berbunyi karena salah seorang dari kami memakai ikat pinggang, saking ketatnya sampe bajunya harus diangkat buat mastiin klo itu benar2 ikat pinggang dan bukan barang berbahaya.(tuh kan ketat bgtz!!!)

oh ya,  Begitu banyak orang India yang bekerja sebagai petugas di bandara Changi. Sampai saya bertanya2 koq banyak bgtz orang india ya? Trus Sharon bilang: “kalo di Singapore memang orang india banyak banget”

Selesai diperiksa, kami berhenti di dekat sebuah kolam (masih di Changi lho… keren yah ada kolamnya… kapan ya Juanda kayak gini? Yah kita doain aja…) di dekat sana ada banyak gambar2 timbul yang dicetak di atas batu (semacam relief). (Eh, barusan fong ktawa2 smbari ngedit gara-gara alpred ngrasani orang lewat berkulit hitam legam, wah alpred koq tdk member contoh yg baik ya?)-(kalimat dalam kurung ttg alpred agak dilebih-lebihkan biar dia keliatan kejam)

oh ya, balik2, Selain itu disediakan juga kertas dan semacam crayon. Cara penggunaannya adalah: kertas tersebut akan ditaruh diatas gambar timbul dan crayon itu digunakan untuk mencoret2 kertas tersebut sehingga di kertas tersebut akan tampil gambar yang sesuai dengan gambar yang ada pada batu tersebut. Setelah itu kami menuju ke bagian pengambilan barang untuk mengambil barang kami sebelum kami keluar untuk meninggalkan bandara. sembari berjalan kami sempat melihat petugas2 security berbaju tentara yang berkeliling di bandara tersebut. Ternyata kalo dilihat2 tentara Indonesia kami lebih sangar dari pada tentara itu ( celoteh anak2: “tentara Singapore menang keren tok” karena memang tentara yang kami lihat tidak berpostur seperti tentara pada umumnya yang kekar2.)

Kemudian kami berjalan keluar dan menuju bis yang telah disediakan untuk menuju ke penginapan aljunied hall  yang beralamat di  102 up0er Aljunied road ) Kurang lebih pukul 14:00 WIB kami sampai di aljunied hall . Sesampainya di aljunied kami bersiap-siap untuk membagi kamar, untuk yang pria kami kebagian di lantai 2 dan untuk yang wanita di lantai 4. Kurang lebih 1 jam kami berada di hostel kemudian kami bersiap-siap menuju ke Pulau sentosa. Sesampainya di pulau sentosa kurang lebih pukul 16:00 WIB kami semua diijinkan untuk berkeliling selama kurang lebih ½ jam dan berkumpul kembali di suatu tempat. Setelah itu kami pergi untuk makan kemudian kurang lebih pukul  18:00 WIB ( 19:40 waktu setempat) kami menonton pertunjukan Song of the Sea ( ketik keyword “song of the sea” di you tube). Kami semua dibuat terkagum-kagum melihat pertunjukan tersebut, benar-benar keren. Setelah pertunjukan kami diijinkan untuk berkeliling di  VIVO mall. Tepat pukul 21:00 WIB ( Pukul 22:00 waktu setempat) kami meninggalkan vivo mall menuju hostel alujunied tempat kami menginap. Akhirnya petualangan kami di hari ini berakhir. Nantikan cerita kami dihari berikutnya yang pasti lebih hebat karena besok adalah hari pertama acara asian conference. GBU All