Bulan Oktober di Amerika selalu menimbulkan kemirisan di hati kami dengan banyaknya hiasan-hiasan horor menyambut halloween di rumah-rumah orang Amerika, di pusat-pusat perbelanjaan dan apalagi di filem-filem di televisi.

Beberapa waktu lalu, sebuah kamera pengawas menangkap sebuah image yang kemudian menjadi begitu terkenal mendunia sebagai ‘ghost video’ atau video surveillance yang berhasil menangkap gambar hantu.

Video tersebut diambil di sebuah klub fitness yang buka sepanjang malam di Kansas, USA. Sewaktu pemilik klub fitnes itu pagi-pagi memeriksa rekaman video sekuriti sepanjang malam, dia terkejut dengan bayangan seperti lampu tetapi redup beberapa kali muncul tertangkap kamera, berputar-putar di salah satu ruangan fitnes.

Mulailah muncul berbagai theory, ada yang berkata video tersebut hanya rekaan atau trik kamera saja, sampai teori cahaya lampu mobil yang melintas dan lain-lain, tetapi dari semua pendapat yang muncul, pendapat yang paling dipercaya dan paling terkenal kemudian adalah kamera tersebut menangkap objek yang dipercaya sebagai hantu apalagi mendekati musim halloween.

Dengan ramainya cerita hantu yang mengunjungi klub fitness di Kansas dan tertangkap kamera itu, anak dari pemilik klub fitness tersebut bahkan percaya bahwa object tersebut adalah hantu kakeknya yang ‘ingin tahu’ keadaan bisnis baru mamanya. Untuk membuat anggota klub tidak menjadi takut dan justru bersemangat, diajaklah anggota klub untuk sama-sama memberi nama kepada hantu yang menjadi ‘teman mereka berfitnes’ tersebut, dan kasus ini tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan – sampai akhirnya saat ini ilmuwan-ilmuwan ahli turut terlibat.

Clue No. 1: Objek kabur dan tidak fokus. Kamera sekuriti dirancang untuk diletakkan di sudut atas ruangan untuk merekam aktifitas yang terjadi beberapa meter di depan kamera. Objek yang berada lebih dari 4 meter misalnya akan terfokus oleh kamera, tetapi objek yang kurang dari jarak fokus lensa kamera apalagi terlalu dekat ke lensa gambarnya akan kabur dan tidak fokus.

Clue No.2: Meskipun pemilik klub dan didukung reporter-reporter memberi alasan bahwa bayangan ghost itu terlihat tidak hanya sekali sepanjang malam, dan seperti sengaja tinggal di ruangan itu di antara alat-alat kebugaran, tetapi bila diperhatikan seksama ternyata objek itu tidak berinteraksi/ terpengaruh dengan alat-alat di ruangan itu sehingga dipercaya oleh para ilmuwan bahwa objek itu bukan berada di lantai ruangan tetapi di bagian atas dekat kamera.

Clue No. 3: Meskipun klub fitness tersebut memiliki setidaknya delapan kamera sekuriti yang berfungsi malam itu, ‘hantu’ itu hanya tertangkap pada satu kamera saja.

Dari klue di atas dan penelitian lainnya, para ilmuwan dapat memutuskan bahwa object yang ditangkap kamera sekuriti hanyalah seekor serangga atau seekor laba-laba. Walau pemilik dan beberapa lainnya masih menolak anggapan ini, tetapi data telah cukup buat para ahli menyimpulkan objek yang dianggap hantu itu hanyalah seekor laba-laba yang bergantung di sekitar kamera; dan terjawablah mengapa objek itu tidak fokus, dan mengapa berwarna hitam tetapi kabur, dan mengapa bayangan tersebut tidak terpengaruh dengan benda-benda di ruangan itu dan hanya tertangkap oleh satu kamera saja.

Kamera sekuriti biasanya memakai sensor supaya hanya aktif atau merekam gambar setelah ada gerakan-gerakan tertentu di ruangan tersebut. Cahaya tidak dapat menyalakan sensor kamera, tetapi gerakan serangga dapat.

Berdasarkan science dan semua data-data yang terkumpul, seekor laba-laba yang tertangkap kameralah yang paling cocok dengan semua fakta dan menjawab semua misteri video hantu ini. Dan ini sebenarnya bukanlah pertama kalinya seekor laba-laba tertangkap sekuriti kamera dan membentuk image hantu. Pada bulan Juni 2007, di sebuah ruang pengadilan di New Mexico, tertangkap juga bayangan yang hampir sama yang sempat juga dipercaya sebagai hantu yang akhirnya terbukti hanyalah juga seekor serangga.

From Sacramento with Love
http://360.yahoo. com/gpdisacramen to
sumber : milis youth_gpdi