Yoh 21 : 15-17

“Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?”

Pernyataan di atas merupakan cuplikan ayat dalam kitab Yohanes 21 : 15 -17 yang diajukan oleh Yesus Kristus kepada Petrus sebagai sebuah pertanyaan. Dalam ayat 15-17, Tuhan melontarkan pertanyaan yang sama kepada Petrus sebanyak 3 kali dan juga memberikan perintah yang sama pula sebanyak 3 kali setelah petrus menjawab pertanyaan Tuhan, yaitu GEMBALAKANLAH DOMBA-DOMBAKU.

Menarik untuk di simak adalah setiap respon atau jawaban yang dilontarkan Petrus kepada Yesus untuk menanggapi pertanyaan yang diberikan kepadanya. Tiga kali jawaban yang dilontarkan petrus mempunyai rema yang berbeda bagi Petrus, mungkin jawaban pertama dan kedua belum dirasa cukup oleh Tuhan untuk memberikan pengertian kepada Petrus bahwa dia harus menggembalakan domba-domba. Baru setelah jawaban ketiga Tuhan puas dan percaya bahwa Petrus sudah mengerti akan maksud Tuhan kepadanya.

Ini berarti Tuhan ingin mengajarkan suatu hal kepada Petrus, bukan sebuah pelajaran yang biasa-biasa namun sebuah pelajaran yang sangat penting atau dapat dikatakan isi hati yang terdalam Yesus sendiri. Pelajaran itu adalah mengenai JIWA. Tuhan mengajarkan kepada Petrus bahwa betapa berharganya nilai seorang JIWA karena itu Tuhan mengulangi pertanyaan yang sama sebanyak 3 kali, supaya Petrus dapat mengerti isi hati Tuhan dan mau bekerja keras untuk mengembalakan domba-domba yang dipercayakan kepadanya.

Pertanyaan yang sama dilontarkan kepada kita (care leader) yang ada supaya kita mengerti betapa berharganya Jiwa bagi Tuhan, dan saya tidak tahu harus berapa kali kah Tuhan melontarkan pertanyaan itu kepada anda dan saya. Cukup sebanyak 3 kali Tuhan melontarkan kepada Petrus sehingga membuat Petrus mengerti bahwa betapa pentingya nilai JIWA bagi Tuhan. Bagaimana dengan anda ?

Teman…

Setiap domba yang Tuhan percayakan harus kita gembalakan dengan baik. Mazmur 23 dapat memberikan kepada kita pengertian dengan jelas untuk menjadi seorang gembala yang baik. Bukan hal yang mudah asalkan kita mau maka Tuhan yang akan memberikan hikmat dalam hidup kita. Akhir kata “KITA AKAN MENUAI JIKA KITA TIDAK JADI LEMAH”.

GBU All ….

Author : Alfred