Bacaan: Yohanes 17:20-23

supaya mereka semua menjadi satu …- Yohanes 17:21

Iseng saja saya berpikir usil, “Mengapa Tuhan tidak menciptakan kita sebagai manusia super? Mengapa Tuhan tak ciptakan kita sebagai Superman?” Bukankah mengasyikkan kalau kita semua diciptakan seperti Superman? Seandainya saja Tuhan menciptakan kita seperti Superman yang hampir-hampir bisa melakukan segala hal seorang diri saja, tentu kita tak lagi merasa membutuhkan orang lain. Manusia akan menjadi semakin egois, sombong dan tak akan pernah peduli dengan orang lain. Itu sebabnya Tuhan tidak menciptakan kita sebagai Superman, sebaliknya Ia menghendaki agar kita menciptakan Super Team.

Super Team bukanlah terdiri dari orang-orang yang luar biasa, bukan juga orang-orang hebat yang serba bisa. Super team justru seringkali terdiri dari orang-orang yang punya kelemahan dan kekurangan di sana sini, namun karena mereka membentuk sebuah tim maka mereka bisa saling melengkapi kekurangan dan kelemahan yang ada. Karena bersinergi dan saling melengkapi maka jelas-jelas menjadi bagian tim adalah hal yang sangat efektif dibandingkan dengan kita berusaha untuk berdiri sendiri. Salah satu kalimat terkenal Presiden Woodrow Wilson yang tak akan saya lupakan adalah ini, “Kita seharusnya tidak hanya memakai semua otak yang kita miliki, melainkan menggunakan semua otak yang dapat kita pinjam.” Ini bisa terjadi kalau kita menjadi bagian tim!

Kita diciptakan bukan untuk berdiri sendiri. Kita diciptakan untuk menjadi bagian sebuah tim yang akan saling melengkapi. Jadikanlah diri Anda menjadi bagian sebuah tim, maka hidup Anda akan menjadi lebih efektif. Bentuklah keluarga Anda menjadi tim yang hebat, maka masalah keluarga seberat apapun pasti dapat Anda lalui bersama. Bentuklah sebuah tim yang solid di lingkungan kerja Anda, maka Anda akan mendapatkan kemajuan dua kali lipat daripada mengerjakannya sendiri-sendiri. Bentuklah tim impian Allah di gereja, saya berani memastikan bahwa suasana dan atmosfir gereja akan menjadi begitu berbeda. Kasih akan mengalir. Karunia-karunia yang pada jemaat Tuhan akan bekerja dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Gereja Tuhan pun akan menjadi semakin kuat, sebagaimana Yesus berkata bahwa alam maut tidak akan pernah bisa menguasainya. Ini bisa terjadi karena gerejaNya menjadi tim yang hebat, itu sebabnya Yesus tak henti-henti berdoa agar gerejaNya menjadi satu. Menjadi sebuah tim!

Ambillah sebuah keputusan untuk menjadi bagian dari sebuah tim.

(Kwik)

» Renungan ini diambil dari Renungan Harian Spirit

Contributor : Heroe