SHIRLEY FRANKLIN Walikota Atlanta, Georgia terpilih tahun 2001 adalah wanita afrika amerika pertama yang jadi walikota di salah satu kota utama di bagian Selatan Amerika.Di akhir masa kerja pertamanya dia bisa memulihkan kepercayaan orang akan pemerintah dengan cara menyingkirkan korupsi yang sudah mempengaruhi seluruh kota.

Dia mewarisi defisit anggaran sebesar U$D82 juta waktu dia mulai menjabat (biasanya mereka tidak memberitahu Saudara di awal tentang utang ini) Tetapi dia memiliki visi yang jelas bagi kota tsb Dia percaya bahwa ketekunan pasti membuahkan hasil Dia berkata, “We are to give people our best thinking base on the research data and best practices.”Dia mendapat inspirasi dari istri Dr. Martin Luther King Jr. Untuk bisa memiliki keberanian berusaha keras membuat perubahan menuju sesuatu yang lebih baik Percaya pada diri sendiri dan percaya pada orang yang dia layani.

ANTONIO VILLARAIGOSA

Menggunakan kata “dream” sebanyak 12x dalam 30’ pidato pengukuhannya sebagai Walikota keturunan Spanyol pertama di kota Los Angelos dalam rentang waktu 100 tahun. Dia berkata, “Leadership is not about being afraid to lead or even to make mistakes.”Sebagai Walikota dia berjanji untuk mengubah kota tsb. Dia mulai dengan mengubah sistem sekolah yang kacau, dimana 60% keturunan Spanyol dan 50% Afrika Amerika drop out setiap tahunnya.

Dia dalah anak dari imigran Mexico, Di masa kecilnya dia melihat ayahnya melecehkan ibunya dan akhirnya meninggalkan mereka waktu dia baru berumur lima tahun.Dia menjadi penyemir sepatu di jalanan kota tsb di usia tujuh tahun. Dia drop out dari SMA, dan pada waktu itu harus jadi ayah dari dua orang anak perempuan di luar nikah. Dia juga bisa mengalahkan lumpuh sebelah di tubuhnya sebagai akibat tumor di otaknya. Walaupun ada banyak tantangan-tantangan seperti itu tetapi dia bisa mendapat gelar dari UCLA dan sekolah hukum lokal.

Dia terbiasa dengan kesukaran-kesukaran tsb dan dia berkata, “I am a guy who has fallen down my whole life but I’ve learned how to get up, wipe the blood off my knees every time and get back to the business at hand.”

GEOFFREY CANADA

Di Harlem, New York City ada tempat yang diberi nama “Children’s Zone” dimana ada 8600 anak dari keluarga kurang mampu yang berasal dari 60 blocks di New York. Di tempat tsb ada yang dinamakan “Smart Parenting Classes”, penjagaan anak dari usia kecil sampai usia 12 tahun (all day pre school and a K through 12 childcare school).Di situ terjadi tutoring, mentoring dan inisiatif anti kekerasan.

Geoffrey Canada adalah otak di belakang inisiatif ini. Dia adalah pemimpin yang digerakkan oleh suatu daya tarik lintas budaya yang jarang. Dia mendapat pengetahuan jalanan, hidup di jalanan tetapi dibicarakan di Harvard. Dia dipilih sebagai salah satu orang yang paling progressive dalam bidang pendidikan anak-anak di usia dini.

Visinya adalah menolong sejumlah besar anak-anak miskin dan menyediakan suatu model yang sangat menarik bagi para pembuat keputusan untuk diadopsi dan didanai. Dia mengatakan, “You have to have a clear vision of what you want to accomplish. Then you have to be able to articulate that vision so that others may see it as clearly as you do. You must simply never give up, even if you doubt at times.”

RICK WARREN

Tahun 1980 ada seorang yang baru lulus seminari bernama Rick Warren mengumumkan kepada segelintir orang di ruang tamu rumahnya bahwa dia akan membangun sebuah gereja walau susah payah dan suatu hari nanti gereja tsb akan memiliki 20.000 anggota. Orang-orang di ruang tamunya itu melihat dia seperti memandang orang gila.Tetapi sekarang, apa yang dia mulai dari ruang tamunya dengan segelintir orang telah menjadi 82.000 anggota gereja Saddle Back! Dia memiliki visi, dan visinya…“A church for people who hate church!”

Rick Warren mengatakan, “Pemimpin terbesar adalah yang melayani orang lain. ”Dia menyediakan visi, nilai dan suara untuk gereja yang bertumbuh pesat di Saddle Back. Bukunya, yang mungkin juga sudah Saudara baca, “The Purpose Driven Life”/hidup yang digerakkan tujuan, telah terjual lebih dari 23 juta copy di seluruh dunia! Dia memiliki suatu proyek baru  yang ambisius: memerangi raksasa global yaitu kemiskinan, penyakit, pengabaian, kepemimpinan yang ego sentris dan kekosongan rohani. Dia adalah pemimpin yang selalu haus untuk belajar. Dia berkata, “Saat engkau berhenti belajar, engkau berhenti memimpin dan organisasimu akan berhenti bertumbuh.”

Dari pribadi-pribadi yang kita lihat di atas, apakah persamaannya? dalam laporan berita, baik di AS maupun dunia mereka digolongkan “Para Pemimpin Terbaik di AS. ”Laporan tsb dikeluarkan 22 Oktober 2005.Ini adalah hasil dari komite independen yang dibentuk oleh Center for Public Leadership di Harvard, John F. Kennedy School of Goverment.

Yang termasuk dalam Pemimpin Terbaik AS ini a.l. Colin Powell, Bill & Melinda Gates (Microsoft and The Gates Foundation), Larry Page & Sergey Brin (penemu Google), Steve Jobs (CEO Apple Computers), Howard Schultz (Chairman Starbucks).

Menurut laporan tsb maka orang-orang ini memiliki kesamaan dalam 2 hal. Tetapi Dr. A.R. Bernard menemukan lebih dari 2 hal yang sama dalam pribadi orang-orang ini. Orang-orang ini merupakan pemimpin yang berhasil dan memimpin organisasi yang berhasil.

1. VISI YANG DIUCAPKAN SECARA JELAS

Habakuk 2:22:2 Lalu TUHAN menjawab aku, demikian: “Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya. 2:2 And the LORD answered me, and said, Write the vision, and make it plain upon tables, that he may run that readeth it.

Tuhan memerintahkan Habakuk : Tuliskan visimu Buat secara jelas Supaya orang bisa menjalankan apa yang mereka baca. Ini seperti yang dikatakan Geoffrey Canada. Dengan kata lain, kecuali visi tsb jelas maka orang tidak bisa mendukung visi tsb. They cannot run with that vision.

Jadi organisasi yang berhasil, perusahaan yang berhasil, pelayanan yang berhasil, baik di bidang yang menarik keuntungan maupun tidak memiliki benang merah yang sama. Mereka mendapat kekuatan dengan mengambil waktu untuk membuat jelas visi mereka. Visi adalah gambaran Saudara tentang masa depan. Visi memiliki kekuatan daya tarik magnetik Makin

jelas sebuah visi, makin besar daya tarik magnetiknya dalam kehidupan Saudara. Sekali visi tsb diucapkan maka Saudara akan memasuki masa peralihan/transisi dari membawa visi ke visi yang membawa Saudara!

Visi yang disampaikan secara jelas akan membiat organisasi bisa bergerak maju, progresif dan membuat terobosan (and on the cutting edge.) Visi bukan hanya gambaran Saudara tentang masa depan tetapi visi Saudara adalah masa depan Saudara Alkitab mengatakan bahwa tanpa visi umat binasa. (Amsal 29:18) Nah karena visi Saudara adalah masa depan Saudara, jadi jika tidak ada visi maka tidak ada masa depan.

Nasehat untuk wanita-wanita muda di gereja yang mau menikah: Dudukkan calonmu, pandang langsung ke matanya, dan tanya,  “Apa visimu? Karena kalau dia tidak punya visi, dia tidak punya masa depan untuk Saudara. Dan disinlah letak masalahnya. Tanpa visi tentang masa depan maka kita akan selalu hidup di masa lampau. Dan kalu kita telah meninggalkan masa lalu, kita kembali ke situ lagi. Jadi benang merah yang ada dalam setiap pribadi yang berhasil ini : mereka punya visi yang secara jelas mereka katakan.

2. HASIL YANG BISA DIUKUR

Keberhasilan harus diukur, Karena kalau Saudara tidak bisa mengukurnya, Saudara tidak tahu bagaimana kemajuan Saudara. Dan kalau Saudara tidak tahu kemajuan Saudara, Saudara tidak tahu perubahan apakah yang dibutuhkan. Hasil yang bisa diukur menolong Saudara untuk memikirkan ulang metode yang dijalankan oleh orang-orang yang ada dalam organisasi Saudara untuk menuju keberhasilan. Hubungan antara metode dan visi adalah,

Visi menentukan metode tetapi jangan sampai metode menentukan visi. Metode dibangun waktu Saudara menemukan cara yang berhasil dalam menjalankan organisasi Saudara atau memproduksi apa yang Saudara hasilkan. Tetapi kalau Saudara tidak hati-hati, metode-metode tsb bisa menjadi kuno dan tidak relevant lagi kalau hal tsb sudah tidak sesuai lagi dengan jamannya. Dan organisasi-organisasi yang kukuh berpegang pada metode yang kuno akhirnya hancur. Jadi visi tetap konstan, tetapi metode harus selalu dirubah untuk memastikan bahwa metode tsb bisa mendukung visi yang ada.

Contoh :

Penting bagi kita untuk punya banyak peralatan. Karena kalau kita hanya punya satu alat saja, bisa bahaya.Kalau yang kita punya cuman palu, maka segala sesuatu kita perlakukan seperti paku!

3. KETEGUHAN HATI

Saudara dari keteguhan hati adalah ketekunan. Menghadapi kegagalan, tantangan, mereka tetap memiliki keteguhan hati. Jangan pikir kalau Saudara bimbang Saudara tidak punya iman. Saat Saudara memilih beriman maka kebimbangan juga datang. Dr. A.R. Bernard katakan bahwa dia melihat kebimbangan untuk memastikan bahwa dia memiliki iman.Kalau Saudara tidak memahami hal tsb maka Saudara akan panik waktu ada kebimbangan dan Saudara pikir Saudara sudah tidak punya iman lagi.Tidak! Kebimbangan pasti tidak ada kecuali ada iman. Jadi kalau ada kebimbangan saya malah senang, saya pasti di jalan yang benar.

ROMA 7:21 Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku.Jadi setiap kali ada sesuatu yang jahat muncul saya tahu hal itu karena satu alasan: saya sementara melakukan sesuatu yang baik.

4. SASARAN YANG BERANI (AUDACIOUS GOALS)

“AUDACIOUS” = tidak takut, berani, tidak dihalangi oleh rasa kurang atau tidak layak.Saya merasa kata “audacious” ini adalah kata yang “tepat waktu. ‘Kompas’ 11 Maret 2007″ memuat ringkasan bukunya Senator yang lagi naik daun di AS, yang pernah tinggal di Indonesia di masa kecilnya : BARRACK OBAMA. Bukunya yang jadi best seller sekarang ini judulnya “The ADOCITY of Hope.”

Saya tantang jemaat untuk membuat sasaran-sasaran yang berani tahun ini. Sasaran yang tanpa Tuhan mustahil untuk Saudara gapai. Buatlah sasaran sehingga kalau engkau sampaikan itu ke hadirat Tuhan maka Tuhan akan katakan, “Kalau engkau punya keberanian untuk meminta hal tsb maka aku punya kuasa untuk membuat itu menjadi kenyataan! ”Sasaran yang berani.

Hal-hal di luar jangkauan Saudara yang membuat orang-orang berpikir bahwa Saudara gila, tetapi Tuhan berpikir Saudara berani! Maka jemaat mulai membuat sasaran yang berani, kuasa yang berani, iman yang berani, hidup yang berani, pokoknya menulis sesuatu yang berani. Kalau Saudara punya sebuah kata sebagai thema Saudara maka setiap kali kata tsb muncul apakah di koran, TV, majalah atau radio maka begitu kata itu muncul maka “antena” Saudara langsung muncul. Karena menurut hukum resonansi sympathetic Saudara “tune in” dengan kata tsb.

5. SEMANGAT GAIRAH/PASSION

Mereka semua bersemangat melakukan apa yang mereka lakukan. Mereka punya gairah dalam apa yang mereka lakukan. Waktu mereka membicarakan hal tsb dengan seseorang maka gairah itu akan mengalir keluar. Mereka tidak bisa membicarakan visi mereka dan apa yang mereka kerjakan tanpa gairah tsb mengalir keluar. Gairah adalah kekuatan yang dahsyat sekali.

Kalau Saudara bersemangat melakukan sesuatu maka semangat Saudara tsb akan bisa mengangkat Saudara melewati tantangan, keadaan, situasi yang datang untuk merampok keberhasilan Saudara. Apakah itu dalam team basket, sepakbola atau olahraga lain team yang lebih bersemangat untuk menang biasanya akan menang. Energi dari gairah inilah yang mengangkat Saudara untuk mengalami suatu peristiwa. Dan Saudara akan langsung bisa membedakan jika seseorang bergairah melakukan sesuatu atau dia biasa-biasa saja dalam melakukan sesuatu. Orang-orang yang bergairah membuat Saudara bersemangat juga.

Saudara juga akan bersukacita karena sukacita yang mengalir dari gairah seseorang dalam melakukan sesuatu hal. Jadi orang-orang ini sangat bersemangat sekali dalam mengerjakan apa yang mereka kerjakan. Jadi mereka memiliki : visi yang jelas diucapkan, hasil yang bisa diukur, keteguhan hati, sasaran yang berani dan gairah. Secara khusus saya akan berikan penekanan pada ketekunan dan gairah ini.Kita akan mulai dengan

GAIRAH / PASSION.”

Ada 8.810 janji di dalam Alkitab. Alkitab adalah kitab perjanjian. Perintah dan janji, hukum dan kasih karunia.8.810 janji tentang apa yang akan Tuhan kerjakan kepada orang yang mempercayai Dia.Itu sebabnya kalau ada orang yang lagi putus asa datang kepada saya, saya tanya, “Apakah engkau sudah membaca Firman Tuhan?”Ya, tapi sepertinya tidak ada pengaruhnya….

Apa engkau mengatakan bahwa dari 8.810 janji yang ada di dalam Alkitab tidak ada yang bisa diterapkan untuk situasimu?! Aku tidak percaya! Ada aturan untuk janji-janji Tuhan. Tuhan menjanjikan kesehatan, kesuksesan, kepala bukan ekor, di atas bukan di bawah, kemakmuran.

Janji, janji, janji dan janji Tuhan didasari pada integritas karakter-Nya. Tetapi ada aturan untuk janji-janji-Nya.TUHAN TIDAK PERNAH MENARUH JANJINYA DI TANGAN KITA, TETAPI DIA TARUH DALAM JANGKAUAN KITA. Jadi semua orang yang percaya bahwa akan ada uang jatuh dari langit ke tangan Saudara karena Saudara percaya kepada Tuhan untuk keuangan Saudara….lupakan hal tsb.Tuhan tidak pernah menaruh janji-Nya di tangan kita.

Dia menaruhnya dalam jangkauan kita. Jadi janji tsb memang disediakan, tetapi kita punya tanggung jawab unt uk menjangkaunya. Dan keindahan dari penjangkauan ini adalah perubahan yang Saudara alami dalam diri Saudara pada waktu proses  menjangkau janji tsb. Hal itu akan mengubah diri SaudAra. Proses penjangkauan janji tsb. Hal itu akan membangun semangat, visi yang dikatakan secara jelas, keteguhan hati.

Hal itu akan membentuk ketekunan, keinginan untuk mengukur hasilnya.Karena waktu Saudara menjangkau, Saudara ingin tahu seberapa dekat sekarang Saudara pada janji tsb.Itu sebabnya Tuhan selalu menaruh di dalam jangkauan kita, dan tidak pernah di dalam tangan kita. Itu sebabnya Dia katakan, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Matius  7:7……duduk-duduk saja, maka engkau akan mati…….Penting bagi kita untuk memahami hal ini, benar?

2 Raja 13 Nabi Elisa sedang sakit, bahkan dia sedang sekarat karena sakitnya tsb. Tetapi nabi dihormati sebagai penyambung lidahnya Tuhan dalam masyarakat. Karena itu orang-orang ingin mendapat berkat dari nabi dalam apa pun yang aka mereka kerjakan. Ada Raja Israel yang sementara berperang dengan bangsa Siria. Jadi raja ini menginginkan nubuatan keberhasilan dalam peperangannya dengan Siria ini. Apa yang dialaminya merupakan pelajaran bagi kita semua.

13:14 Ketika Elisa menderita sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: “Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!”

13:15 Berkatalah Elisa kepadanya: “Ambillah busur dan anak-anak panah!” Lalu diambillah busur dan anak-anak panah.13:16 Berkatalah ia kepada raja Israel: “Tariklah busurmu!” Lalu ia menarik busurnya, tetapi Elisa menaruh tangannya di atas tangan raja,13:17 serta berkata: “Bukalah jendela yang di sebelah timur!” Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: “Panahlah!” Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: “Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap.”

Anak panah itu jadi simbol kemenangan atas Siria.Jadi inilah nubuatan berkat yang diberikan oleh nabi kepada raja tsb.Dia dinubuatkan akan mengalami kemenangan.

13:18 Sesudah itu berkatalah ia: “Ambillah anak-anak panah itu!” Lalu diambilnya. Setelah diambilnya, berkatalah Elisa kepada raja Israel: “Pukulkanlah itu ke tanah!” Lalu dipukulkannya tiga kali, kemudian ia berhenti

Perhatikan: janji itu sekarang ditaruh dalam jangkauan sang raja. Dan sang raja harus meresponi janji tsb.Ingat panah adalah lambang kemenangan, lambang keberhasilan.

13:19 Tetapi gusarlah abdi Allah itu kepadanya serta berkata: “Seharusnya engkau memukul lima atau enam kali! Dengan berbuat demikian engkau akan memukul Aram sampai habis lenyap. Tetapi sekarang, hanya tiga kali saja engkau akan memukul Aram.”

Janji tsb adalah kemenangan yang komplit, tetapi karena Raja Israel kurang passion/gairah/semangat maka dia hanya mengalami separuh kemenangan. Harusnya Raja Israel memukul ke tanah berkali-kali sampai akhirnya nabi berkata, “Cukup….cukup! ”Dia kekurangan semangat/gairah sehingga walaupun janjinya adalah keberhasilan sepenuhnya maka dia hanya mengalami separuh keberhasilan.

Semangat/gairah adalah elemen penting.Saudara mungkin memiliki segala sumber daya dan semuanya siap untuk membawa Saudara ke pintu keberhasilan.Tetapi kalau Saudara tidak punya gairah maka Saudara mungkin hanya akan bisa mendekati hal yang dimaksudkan untuk bisa Saudara capai.Katakan pada tetanggamu, “Dia sementara berbicara tentang engkau hari ini.”Apa pun juga yang Saudara kerjakan dalam hidup ini, harus ada gairah.

Hal berikutnya adalah“KETEGUHAN HATI”

Ketekunan itu mahakuasa/omnipotent.Seseorang pernah bertanya kepada Dr. A.R. Bernard, “Kalau disimpulkan dalam satu kata saja apa kunci keberhasilannya – baik sebagai bankir selama 10 tahun, pelayanan, melayani pemerintah NY & Washington.”Dia mejawab, “Ketekunan.”

Persistence outlasts persecution!

Salah satu buku yang paling saya ingat adalah karangan Robert Schuller: TOUGH TIME NEVER LAST BUT TOUGH PEOPLE DO! Yesus menceritakan perumpamaan Janda yang memiliki keteguhan hati (Lukas 18) Ketekunan dan gairah akan membawa Saudara ke tempat di mana mediokrasi tidak akan pernah membawa Saudara! Keteguhan hati itu mahakuasa.Itu sebabnya Saudara harus berani (audicious).Karena berani artinya tidak dihalangi oleh perasaan kurang atau tidak cakap.Singkirkan semua alasan-alasan.Aku terlalu muda, terlalu tua, tidak punya cukup pendidikan, aku tidak pintar, aku tidak begini, aku tidak begitu….Singkirkan semua itu.

Dan kalau Saudara melakukan kesalahan (dan saya beritahu rahasianya: saudara pasti melakukan itu), ambil tanggung jawab atas kesalahan tsb, jangan bikin alasan

Contoh:

Looser’s Limp Orang yang lay up tapi bola tidak masuk, terus pura-pura kaki keseleo Saudara harus menyingkirkan segala macam alasan yang membuat Saudara menutup-nutupi kekurangan performance Saudara. Saudara harus singkirkan itu.Ketekunan  itu mahakuasa.

Contoh : Semut Kalau kita taruh halangan maka dia akan menaiki, memutar atau coba melewati bawah rintangan tsb Inilah gambaran ketekunan. Artikel dari Wall Street Journal: Tidak ada yang bisa menggantikan ketekunan di dunia,Talenta tidak.Tidak ada yang lebih umum dalam masyarakat dari orang-orang yang memiliki banyak talenta tetapi kurang berhasil di dalam hidupnya.Kejeniusan tidak bisa menggantikan ketekunan. Para jenius yang tidak mendapat upahnya sudah seperti suatu amsal.

Pendidikan tidak bisa menggantikan ketekunan. Dunia ini penuh dengan gelandangan berpendidikan. Ketekunan dan determinasi saja yang mahakuasa/omnipotent.Ketekunan inilah yang membuat orang bisa berhasil dalam segala rencana, proyek atau sasaran.Orang-orang yang saya ceritakan tadi memiliki ciri-ciri yang telah kita pelajari sehingga mereka masuk ke dalam daftar orang berhasil. Saudara mungkin belum masuk dalam daftar tsb, tetapi sekarang Saudara bisa memiliki ciri-ciri tsb. Tuhan memberkati!

Article by gpdi-lippocikarang.com